Chipset Kirin 990 5G

Sumber : consumer.huawei.com

Pada ajang IFA 2019 di Berlin, Huawei resmi meluncurkan System-on-Chip (SoC) terbarunya yakni Kirin 990 5G. SoC sendiri adalah penggabungan beberapa komponen seperti CPU, GPU, modem, RAM dan komponen-komponen lainnya kedalam sebuah chip. Sehingga komponen-komponen tersebut dapat dibuat lebih ringkas dan menghemat ruang pada perangkat seperti smartphone.

Kirin 990 5G diklaim merupakan chip mobile 5G pertama yang komponen 5G nya telah terintegrasi dengan chipnya sehingga tidak membutuhkan modem 5G terpisah. Namun dalam waktu dekat, Samsung akan meluncurkan SoC Exynos 980 yang juga memiliki modem 5G terintegrasi.

Chip ini diproduksi dengan fabrikasi 7nm dan terdiri dari 8 inti CPU, yaitu 2 inti CPU Cortex A76 2,86 Ghz, 2 inti CPU Cortex A76 2,36 Ghz dan 4 inti CPU Cortex A55 1,95 Ghz. Untuk pengolahan grafisnya, chip ini menggunakan GPU Mali G76.

Kirin 990 5G juga menjadi chip pertama yang menggunakan NPU dual-core dengan arsitektur Da Vinci. NPU merupakan suatu prosessor yang mampu meniru persepsi dan kesadaran manusia. Prosessor ini digunakan untuk menunjang fitur AI (Artificial Intelligence). Kita tahu bahwa banyak smartphone masa kini yang telah disematkan fitur ini, mulai dari smartphone kelas flagship hingga kelas menengah. Teknologi AI pada smartphone memiliki beragam kegunaan, seperti fitur Face ID, untuk membantu kamera dalam mendeteksi objek, Voice Assistant (Siri, Google Assistant, dll.) dan lain sebagainya. Dan nampaknya fitur ini akan terus berkembang kedepannya. Itulah mengapa komponen NPU disematkan pada chip ini agar dapat menunjang fitur AI tersebut.

Untuk kecepatan transfer data internet, Kirin 990 5G yang tentunya memiliki konektivitas 5G mempunyai downlink rate tertinggi 2,3 Gbps serta uplink rate yang mencapai 1,25 Gbps. Dari sisi fotografi, dikatakan bahwa chip ini memiliki keunggulan pada kemampuan kameranya yang dapat mengurangi noise dengan kemampuan yang sama dengan kamera DSLR.

Rencananya Huawei akan menyematkan Kirin 990 5G pada seri Mate 30.


Daftar Pustaka
https://tekno.kompas.com/read/2019/09/09/06550007/huawei-resmikan-chip-kirin-990-5g-untuk-ponsel-mate-30
https://www.tabloidpulsa.co.id/news/31869-apa-itu-npu










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pitch Deck dan Cara Membuatnya

Komputasi Modern dan Implementasinya